Cilacap – Menjadi kebanggaan sendiri ada warga Cilacap yang ikut menjadi anggota PASKIBRAKA Nasional. Tabriza Aqila Taqiyya adalah salah satu siswi SMAN 1 Cilacap yang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (PASKIBRAKA) wakil provinsi Jawa Tengah.

Seperti dilansir dari situs Cilacap.go.id, Sinta Ibunda Aqila mengungkapkan, sejak SD memang Aqila sering mendapatkan penghargaan dan prestasinya di sekolah. Dari kegiatan ekskul maupun akademik. Kegigihan dan keuletan dari prestasinya pun membuahkan hasil yang kini bisa menembus ke tingkat nasional menjadi anggota PASKIBRAKA.

Proses seleksi yang diikuti Aqila tidak main-main. Pertama ia mengikuti seleksi ditingkat provinsi yang diikuti oleh berbagai perwakilan dari Kabupaten di seluruh Provinsi Jawa Tengah. Hingga akhirnya menyisakan empat peserta dua putra dan dua putri yang akan mengikuti seleksi panjang di tingkat nasional di Jakarta.

Seleksi yang dilalui ditingkat nasional pun ada berbagai macam kegiatan. Dari tes Psikotes, Kesemaptaan, hingga seleksi kebugaran tubuh. Yang diantaranya lari mengelilingi lapangan dengan jarak 400 meter selama 12 menit, situp selama satu menit. Selain itu juga ada seleksi Baris berbaris yang dikenal dengan PBB (Peraturan Baris Berbaris).