Kabarkalikudi – Cilacap – Suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Cilacap kembali ramai. Pasalnya isu tentang mundurnya Tatto Suwarto Pamuji dari pencalonan Pilkada Kabupaten Cilacap 2017 nanti itu benar.

Pencalonan Tatto di Pilkada nanti sudah mendapatkan dukungan dari tiga partai yang berkoalisi, PAN, PPP dan Partai Demokrat. Namun Tatto sendiri secara mengejutkan justru memilih untuk mundur dari pencalonan Pilkada 2017. Beliau memastikan bahwa pengunduran dirinya pada Pilkada nanti karena kondisi tubuhnya yang sudah kurang fit.

Seperti dilansir radarbanyumas, Istri Tatto, Tetty Suwarto Pamuji membenarkan keptusan tersebut. Bahkan Tatto sudah bertemu dan berpamitan dengan pengusung partainya. Tetty juga memastikan kalau keputusan ini murni karena faktor kesehatan Tatto yang akhir – akhir ini sering menurun. Kata dokter juga harus beristirahat sembari mengikuri proses pengobatan, minimal selama 6 bulan kedepan.

Dia mengakui bahwa keputusan ini berimbas pada partai pendukungnya. Terlebih lagi waktunya sudah dekat yaitu 5 bulan lagi pada 15 Februari 2017 mendatang. Sedangkan pendaftarannya bulan September ini sudah dimulai.

Tetty juga menambahkan, Tatto sudah bulat dengan keputusannya dan meminta dirinya (Tetty) untuk menggantikan posisi beliau dalam pencalonan pada Pilkada mendatang. Keputusan ini juga sudah disampaikan kepada koalisi pengusung Tatto dan mendapatkan respon yang positif.

Partai koalaisi pun harus bergerak cepat dengan keputusan Tatto yang mundur pada Pilkada Kabupaten Cilacap 2017 mendatang. Seluruh dukungan harus dialihkan kepada Tetty Suwarto Pamuji sebagai pengganti Tatto. Ketiga partai ini pun sudah memiliki calon wakil bupati untuk diusung pada pilkada nanti. (wh)